I love Indonesia

Feature 1

Senin, 28 Februari 2011

Mengedit Opera Mini (kecil kecilan)



 

 

 

 

 

Mengedit Opera Mini (kecil kecilan)


Lho, kok kecil kecilan ???
Iya. Karena saya bukan seorang programer dan kali ini saya hanya akan sharing tentang gimana cara merubah nama dan icon Opera Mini (tanpa efek lain).
Ok, tak usah basa basi lagi.

Disini saya akan merubah nama dan icon Opera Mini Mod v3.11.
Pertama, extract dulu file Opera mini.jar nya. (klik kanan, pilih exctract here)



















Agar tidak membingungkan, sebaiknya anda menghapus file Opera Mini.jar yang sudah kita extract tadi.
Nah, anda akan melihat sebuah folder, beberapa file class, dan juga file image.
Untuk merubah nama "Opera Mini", yang harus kita lakukan adalah, mengedit file bernama "MANIFEST" yang berada dalam folder META-INF.

Buka file MANIFEST tadi dengan notepad.
Maka akan terlihat isi file tadi seperti ini.














Ganti semua nama "Opera Mini" dengan sesuka anda.
Saya akan mencontohkan menggganti "Opera Mini mod" dengan "Opera Putra".
Maka akan menjadi seperti ini :














Saya sarankan untuk tidak merubah yang lain, karena akan memperngaruhi kinerja Opera Mini.
OK, setelah nama Opera Mini anda rubah, silahkan save (CTRL + S).

Nama sudah terganti, sekarang saya akan merubah icon tampilan dari Opera Mini ini.
Secara default, icon Opera Mini mod 3.11 adalah seperti ini :


















Jika anda ingin merubah icon ini, yang harus anda lakukan adalah mengganti iconnya dengan gambar lain. Saya akan contohkan dengan merubahnya dengan gambar ini :




Perhatikan nama file icon Opera Mini tadi. Namanya adalah "i". Jadi anda juga harus mengganti
file gambar tadi dengan nama "i".

Maka akan menjadi seperti ini :

















Nah, sampai disini, berarti kita sudah selesai mengedit nama dan icon Opera Mini.
Selanjutnya adalah membuat semua file file tadi menjadi bentuk jar kembali.
Caranya, block semua file > klik kanan > add to archive.

















Pada Archive format, pilih "ZIP" dan Archive name ganti "zip" dengan "jar".
Selasai.

File installer Opera Putra telah jadi dan siap dikirim ke HP.
Setelah saya kirim ke HP saya, dan kemudian saya install, tampilan Opera Mini tadi akan menjadi seperti ini :




















Sekian trik sederhana kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Catatan : Segala kemungkinan yang terjadi adalah tanggung jawab anda sendiri.



Tidak ada komentar:

hack